Menu Sehat untuk Vegetarian

Waduh, gw sempet bingung, apa lagi ya yang mau di tulis (ada-ada aja deh, bikin blog tapi ga tau apa yang ditulis, hehehe^^). Tapi setelah kemaren saya bikin tulisan resep makasan sehat, temen saya minta lagi, jadi saya tulis lagi deh nih 2 resep makanan yang saya dapet dari artikel kompas, emang sih ini uda agak lama, tapi kali aja temen saya itu jarang baca koran, hahahahahaha^^

Frikadel Tempe Kacang Merah Bumbu Pedas
Untuk 6 porsi, @ 2 buah
(1 porsi = 194 kalori)

Bahan:
150 gr tempe dikukus, dicincang
150 gr kacang merah, direbus, dicincang
2 sdm tepung roti
1 btr telur ayam
Minyak untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan:
5 bh cabai merah
5 bh cabai rawit
3 siung bawang putih
5 btr bawang merah
1 sdt ketumbar
1 lbr daun jeruk
1 iris kencur
Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Campur tempe, kacang merah, bumbu yang telah dihaluskan, tepung roti, dan telur ayam, aduk rata.
2. Bagi menjadi 12 bagian, bentuk bulat lonjong pipih.
3. Goreng dengan minyak banyak sampai kecokelatan, angkat.
4. Hidangkan.

Sup Tahu
Untuk 5 porsi
(1 porsi = 90 kalori)

Bahan:
1 sdm margarin untuk menumis
2 sdm bawang bombai cincang
100 gr tahu dan 750 ml air diblender halus jadi satu
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1 bh kaldu blok instan
1/2 sdt garam
1 sdm tepung maizena
50 gr kacang polong)
150 gr tempe, dipotong dadu kecil, digoreng
1 btg seledri

Cara membuat:
1. Tumis dengan margarin bawang bombai, masukkan tahu yang telah diblender dengan air, aduk.
2. Masukkan merica, pala, kaldu blok instan, dan garam. Setelah mendidih, masukkan maizena yang telah dilarutkan dengan sedikit air, kacang polong, tempe goreng, dan seledri, aduk rata, masak sebentar, angkat.
3. Hidangkan.

Silahkan mencoba, kalau saya menuliskan manfaatnya mungkin akan panjang postingannya, jadi tidak saya tuliskan, tapi kalau ada yang mau tau langsung aja ke TKP. (Disini)

0 komentar:

Posting Komentar